Lingkup materi Standar Isi meliputi program pengembangan yang disajikan
dalam bentuk tema dan sub tema. Tema dan sub tema disusun sesuai dengan
karakteristik, kebutuhan, tahap perkembangan anak, dan budaya lokal.
Pelaksanaan tema dan sub tema dilakukan dalam kegiatan pengembangan
melalui bermain dan pembiasaan. Tema dan sub tema dikembangkan dengan
memuat unsur-unsur nilai agama dan moral, kemampuan berpikir, kemampuan
berbahasa, kemampuan sosial-emosional, kemampuan fisik-motorik, serta
apresiasi terhadap seni.
Lingkup perkembangan sesuai tingkat usia anak meliputi aspek nilai agama
dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni.
Nilai agama dan moral meliputi kemampuan mengenal nilai agama yang
dianut, mengerjakan ibadah, berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat,
sportif, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengetahui hari besar
agama, menghormati, dan toleran terhadap agama orang lain.
Fisik-motorik meliputi motorik kasar mencakup kemampuan gerakan tubuh
secara terkoordinasi, lentur, seimbang, lincah, lokomotor,
non-lokomotor, dan mengikuti aturan, motorik halus mencakup kemampuan
dan kelenturan menggunakan jari dan alat untuk mengeksplorasi dan
mengekspresikan diri dalam berbagai bentuk, dan kesehatan dan perilaku
keselamatan, mencakup berat badan, tinggi badan, lingkar kepala sesuai
usia serta kemampuan berperilaku hidup bersih, sehat, dan peduli
terhadap keselamatannya.
Kognitif meliputi belajar dan pemecahan masalah, mencakup kemampuan
memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara
fleksibel dan diterima sosial serta menerapkan pengetahuan atau
pengalaman dalam konteks yang baru, berfikir logis, mencakup berbagai
perbedaan, klasifikasi, pola, berinisiatif, berencana, dan mengenal
sebab-akibat, dan berfikir simbolik, mencakup kemampuan mengenal,
menyebutkan, dan menggunakan konsep bilangan, mengenal huruf, serta
mampu merepresentasikan berbagai benda dan imajinasinya dalam bentuk
gambar.
Bahasa terdiri atas memahami bahasa reseptif, mencakup kemampuan
memahami cerita, perintah, aturan, menyenangi dan menghargai bacaan,
mengekspresikan bahasa, mencakup kemampuan bertanya, menjawab
pertanyaan, berkomunikasi secara lisan, menceritakan kembali yang
diketahui, belajar bahasa pragmatik, mengekspresikan perasaan, ide, dan
keinginan dalam bentuk coretan, dan keaksaraan, mencakup pemahaman
terhadap hubungan bentuk dan bunyi huruf, meniru bentuk huruf, serta
memahami kata dalam cerita.
Sosial-emosional meliputi kesadaran diri, terdiri atas memperlihatkan
kemampuan diri, mengenal perasaan sendiri dan mengendalikan diri, serta
mampu menyesuaian diri dengan orang lain, rasa tanggung jawab untuk diri
dan orang lain, mencakup kemampuan mengetahui hak-haknya, mentaati
aturan, mengatur diri sendiri, serta bertanggung jawab atas perilakunya
untuk kebaikan sesama, dan perilaku prososial, mencakup kemampuan
bermain dengan teman sebaya, memahami perasaan, merespon, berbagi, serta
menghargai hak dan pendapat orang lain; bersikap kooperatif, toleran,
dan berperilaku sopan.
Seni meliputi kemampuan mengeksplorasi dan mengekspresikan diri,
berimajinasi dengan gerakan, musik, drama, dan beragam bidang seni
lainnya (seni lukis, seni rupa, kerajinan), serta mampu mengapresiasi
karya seni, gerak dan tari, serta drama.
0 Response to " STANDAR ISI PAUD"
Post a Comment